FILM “ZIARAH”

poster-ZIARAH-small-size

Ziarah, sebuah film layar lebar pertama karya BW Purba Negara yang merupakan film maker asal Yogyakarta. Sebelumnya memang BW Purba Negara ini sudah menghasilkan beberapa film pendek seperti Kamu di Kanan Aku Senang (2013), Bermula dari A (2011), Cheng Cheng Po (2007), Musafir (2008), Digdaya Ing Bebaya (2014) dan masih banyak lagi.

Film ziarah bercerita tentang perjalanan Mbah Sri dalam mencari makam suaminya yang hilang semasa Agresi Militer Belanda II pada tahun 1949. Tujuannya agar kelak Mbah Sri dapat dimakamkan bersanding dengan makam suaminya. Film ini tidak hanya mengusung tema percintaan, akan tetapi juga kesabaran dan pengorbanan. Pengorbanan demi cinta dan demi tanah air. Dalam film ini, dapat disaksikan bahwa cinta tak hanya milik kaum muda saja, tapi yang tua pun juga masih punya cinta di dalam hati mereka. Cinta yang tak lekang oleh waktu. Kepercayaan akan cinta juga yang membuat Mbah Sri bertekad untuk mencari makam suaminya yang entah ada dimana. Perjalanan Mbah Sri tidaklah mudah, dengan kondisi Mbah Sri yang tua renta seperti itu, beliau masih harus menempuh perjalanan jauh, berjalan kaki bahkan tertidur di makam pun pernah.

Secara keseluruhan, menurut saya film ini sudah sangat apik. Saya, sebagai orang yang tidak terlalu suka menonton sebuah film dapat menyatakan kalau film itu bagus. Bahkan saya trenyuh saat Mbah Sri menceritakan alasan kenapa dia mencari makam suaminya itu. Sungguh, cinta untuk Mbah Pawiro Sahid dari Mbah Sri ini besar sekali. Cinta yang benar tulus adanya.

Ending film ini, saya masih belum bisa meraba maksud yang tersimpan di dalamnya. Saya masih sedikit bingung dengan endingnya (mungkin harus nonton sekali lagi dan ditemani oleh seseorang yang dapat bertukar pikiran dengan saya hehehe..).

Berikut saya tampilkan cuplikan dari film Ziarah: (sumber google).

still-image-ZIARAH-c

Mbah Sri dalam perjalanan mencari makam suaminya

still-image-ZIARAH-e

FYI: Film Ziarah ini hanya dapat disaksikan di XXI Taman Ismail Marzuki (Jakarta Pusat) dan XXI Blok M (Jakarta Selatan).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s